KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA RESOR NIAS ............"Kami Berusaha Melindungi dan Melayani Yang Terbaik Untuk Anda"

Polres Nias Laksanakan Rapat Koordinasi Antisipasi Perkembangan Sitkamtibmas Terkait Rencana Penerapan Kebijakan Pemerintah Dalam Pembatasan Subsidi dan Kenaikan Harga BBM


Pada hari Kamis 15 Maret 2012 pukul 10.00 wib bertempat di Ruang Rapat Eksekutif Polres Nias telah berlangsung acara Rapat Koordinasi Antisipasi
Perkembangan Sitkamtibmas Terkait Rencana Penerapan Kebijakan Pemerintah Dalam Pembatasan Subsidi dan Kenaikan Harga BBM. Hadir pada kesempatan tersebut Wakapolres Nias Kompol Baza W. Zebua, SH, MH beserta Perwira Staf, Kadis Perindagkop dan UMKM Gunungsitoli, Pimpinan Depot Pertamina Gunungsitoli, Perwakilan LSM BASMI, serta seluruh Pengelola SPBU, AMT dan Sub Agen MT di wilayah hukum Polres Nias. Kegiatan tersebut ditujukan dalam rangka mengkoordinasikan langkah-langkah pengamanan yang dilaksanakan oleh Polres Nias bekerjasama dengan instansi terkait dalam mengantisipasi  terhadap berbagai kerawanan yang timbul pada saat dan paska diberlakukannya kebijakan Pemerintah dalam menaikkan harga BBM.

                Dalam kesempatan tersebut, Pimpinan Depot Pertamina Gunungsitoli menyampaikan bahwa stok BBM hingga saat ini masih tercukupi dan Pertamina selanjutnya tetap melaksanakan kegiatan pengawasan dan kontrol terhadap permintaan dari pemilik SPBU dan AMT. Selanjutnya para pengelola SPBU dan AMT juga menyampaikan bahwa permintaan kebutuhan BBM masyarakat saat ini masih seperti biasa, dan dari Perwakilan LSM BASMI meminta kepada Disperindagkop agar tegas dalam pemberian ijin penyaluran BBM bersubsidi untuk menghindari penyimpangan di masyarakat.

Polres Nias sendiri dalam menghadapi kerawanan yang terjadi terkait kebijakan Pemerintah dalam menaikkan harga BBM telah melakukan beberapa langkah antisipasi diantaranya pelaksanaan Patroli Mobile di wilayah Kota Gunungsitoli, Kabupaten Nias Barat dan Kabupaten Nias Utara sebanyak 4 kali dalam sehari serta melaksanakan Razia pada malam hari.
                 
                Sebagai kesimpulan dalam kegiatan tersebut yaitu 1. akan dibentuk tim monitor di lapangan  yg terdiri dari personil Pemko/Pemkab, Polres Nias, Subdenpom dan LSM  2. Sanksi administrasi akan dicabut oleh Disperindagkop Kota Gunungsitoli apabila ada SPBU, AMT dan Sub Agen MT yang melanggar ketentuan dalam penyaluran BBM bersubsidi 3.Depot Pertamina Gunungsitoli akan mengintensifkan pengawasan peningkatan permintaan BBM dari SPBU 4. Pengelola SPBU tidak akan melayani permintaan pengisian BBM melebihi jumlah yang ditentukan 5. Polres Nias menyiagakan Pleton Dalmas untuk mengantisipasi kerawanan guankamtibmas.