KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA RESOR NIAS ............"Kami Berusaha Melindungi dan Melayani Yang Terbaik Untuk Anda"

Seorang Bayi Diselamatkan Anggota Polri Dalam Kejadian Kebakaran Rumah







Pada hari Senin 02 April 2012 pukul 18.30 wib,     telah terjadi Kebakaran di Jl. Diponegoro Dusun I Desa Miga Kec. Gunungsitoli Kota Gunungsitoli.
Menurut keterangan saksi-saksi yang berada di lapangan, api berasal dari rumah salah seorang warga an. Hasmar Ndruru Als Ama Puput yang terjadi akibat kompor meledak. Personil satuan operasional Polres Nias yang mendapatkan informasi tersebut selanjutnya turun ke TKP dan membantu upaya evakuasi bersama-sama dengan masyarakat. Adanya gudang furniture di lokasi yang sebagian besar isinya berbahan kayu semakin memperparah kebakaran yang terjadi. Kebakaran selanjutnya dapat dipadamkan pada pukul 20.30 wib dengan dikerahkannya 2 unit mobil Pemadam Kebakaran. Dalam kesempatan tersebut, personil Satuan Lalu Lintas  an. Bripka Edward Laia yang pertama kali tiba di lokasi telah berhasil menyelamatkan seorang bayi dari salah satu rumah yang terbakar. Diketahui sebelumnya bahwa bayi yang berumur 4 bulan tersebut sebelumnya sedang tertidur di ayunan di dalam rumah namun ditinggal oleh ibu dan abangnya yang panik karena api telah menjalar di rumah mereka. Berkat kesigapan Bripka Edward Laia, bayi tersebut pun pada akhirnya berhasil diselamatkan dalam kondisi sehat.

Ketua DPRD Kota Gunungsitoli an. Sowa’a Laoli yang hadir di lokasi kejadian menyampaikan bahwa perlu adanya pemberian penghargaan terhadap petugas Polri tersebut karena telah berhasil menyelamatkan seorang bayi dari kobaran api dan hal tersebut telah melampaui panggilan tugas dimana dapat mencelakakan jiwa petugas itu sendiri. Oleh karena itu mewakili masyarakat Kota Gunungsitoli, dirinya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap petugas  Polres Nias yang telah membantu masyarakat dalam penanggulangan bencana. Dalam kejadian tersebut diatas tidak kurang dari 9 unit rumah hangus terbakar dimana rumah-rumah tersebut ditempati oleh keluarga besar dengan jumlah penghuni sebanyak 53 orang. Dalam kejadian itu, kerugian ditaksir senilai Rp. 350.000.000 serta tidak ditemukan jatuhnya korban jiwa.

Satu hari berselang pada hari Selasa 03 April 2012 pukul 20.30 wib kembali terulang kejadian kebakaran di Jl. Diponegoro Km. 4 Desa Sifalaete Kec. Gunungsitoli yang menghanguskan 3 rumah warga. Dari keterangan saksi-saksi di lapangan diketahui bahwa api berasal dari salah ruangan yang terdapat di dalam rumah makan Saewe 2, dimana dalam ruangan tersebut tersebut terdapat mesin genset yang mengalami kerusakan sehingga selanjutnya menimbulkan api penyebab kebakaran. Kapolres Nias beserta personil dan instansi terkait lainnya yang berada di lapangan kemudian bersama-sama melakukan evakuasi terhadap orang dan barang yang ada di lokasi. Api selanjutnya dapat dipadamkan pada pukul 23.00 wib. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut dan hingga saat ini kedua kejadian tersebut diatas dalam proses penyelidikan Sat Reskrim Polres Nias.

Selanjutnya sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap sesama, pada hari Rabu 04 April 2012 pukul 15.00 wib, Kapolres Nias didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Nias Ny. Tasya Mardiaz beserta pengurus Bhayangkari Cabang Nias telah melaksanakan kunjungan sosial di 2 lokasi kebakaran tersebut. Turut diberikan pada kesempatan tersebut bantuan berupa beras, mie instan, susu bayi, serta kebutuhan pokok lainnya.  Pada kesempatan tersebut, tokoh masyarakat yang hadir diantaranya anggota Komisi A DPRD Kab. Nias an. Darwis Zendrato menyampaikan berbagai keluhan terhadap kondisi yang dialami masyarakat akibat kejadian kebakaran tersebut dan mengucapkan terimakasih atas upaya dari Kapolres Nias beserta Ketua Bhayangkari Cabang Nias dan Pengurus yang telah membantu meringankan beban mereka.

Dalam kesempatan tersebut, dengan melihat kejadian kebakaran yang beruntun ini, Kapolres Nias mengharapkan kepada pihak Pemkab Nias dan Pemko Gunungsitoli untuk lebih meningkatkan sarana prasarana yang dimiliki oleh Dinas Pemadam Kebakaran dimana kondisinya selama ini tidak mencukupi untuk melayani masyarakat, serta dimintakan agar disediakan hydrant air dibeberapa tempat untuk memudahkan pengisian air. Dan satu hal yang lebih penting lagi disampaikan oleh Kapolres Nias yaitu agar Pemkab. Nias dan Pemko Gunungsitoli membekali warga masyarakat dalam penanggulangan bahaya kebakaran